Notification

×

Iklan

Iklan

Grup Binaan Kuflet Raih Juara II Lomba Musikalisasi Puisi Se-Sumatera Barat

12 Oktober 2023 | 15.14 WIB Last Updated 2023-10-12T08:14:27Z
 

Padang, pasbana - Group Musikalisasi dari SMAN 1 Padang Panjang dengan lima personil Syahrul Rahmad (Kajon), Amy Enesya (pembaca puisi/Vocalis), Akbar Husein Maulan (Gitar), Puti Briliana (Biola), dan .Mutiara Fitri Nuraini (Vocalis) berhasil raih Juara II dalam Lomba Musikalisasi Puisi tingkat SLTA Se-Sumatera Barat yang digelar di kampus Universitas Adzkia Padang, Rabu (11/10). Sementara juara I dan III direbut SMA dari Painan.

Grup binaaan Kuflet ini mengaransemen Puisi karya penyair nasional asal Sumatra Barat bertajuk Padangpanjang 999  Karya Sulaiman Juned . Grup Musikalisasi ini dibina oleh Komunitas Seni Kuflet dengan pelatih Akram Hakim.


Amy Enesya selaku Pembaca Puisi dan Vokalis mengatakan, dirinya sangat berterima kasih atas dukungan dari  pelatih Akram Hakim dan Penyair Sulaiman Juned di Komunitas Seni Kuflet tentang melakukan aransemen puisi untuk kebetuhan musikalisasi puisi. 

"Terutama memahami melakukan interpertasi terhadap puisi. Kemudiaan melakukan aransemen nada, interval (deretan nada naik turun dari setiap tangga nada, Jarak antar nada, langkah dari nada). Selanjutnya irama, motif, harmoni dan teknik vokal. Latihan seperti inilah kami digembleng di Kuflet oleh bang Akram Hakim dan Bapak Sulaiman Juned, sehingga Alhamdulillah dapat mengantarkan kami jadi juara. Atas ajaran ilmu yang terus menerus itulah kami dapat meraih juara II, " papar pembaca puisi terbaik di Sumatra Barat itu. 



    
Pelatih Grup, Akram Hakim mengatakan bahwa proses pelatihan Musikalisasi Puisi ini setelah puisi dimaknai tema, nada, perasaan dan amanat, kerja selanjutnya menghidupkan unsur-unsur terkecil dari komposisi musik yang mempertimbangkan lirik puisi. 

"Mengelola lagu yang melakukan harmonisasi baik vokal dengan perbedaan bunyi antara bagian yang kuat dengan bagian yang ringan yang membuat deretan nada (interval) terkelola dengan baik, " jelas Sutradara muda di Kuflet yang memiliki kesenangan pada musik

Sementara itu, Budi Hermawan, S.Pd., M.Si Kepala Sekolah SMAN 1 Padang Panjang sangat senang dan bahagia serta berterima kasih yang tak terhingga kepada kelima siswa dan siswi yang tergabung dalam group musikalisasi puisi yang telah membawa nama harum sekolah ini dengan meraih juara II. 

" Hal ini tentu tidak terlepas dari kerja sama yang sangat baik dengan Komunitas Seni Kuflet sehingga menjadikan siswa-siswi kami berkualitas dalam bidang seni. Semoga Dr. Sulaiman Juned dan Akram Hakim selalu berkenan membimbing anak didik kami," ucapnya.




Di tempat terpisah, Dr. Sulaiman Juned, M.Sn pendiri/Penasihat Kuflet mengatakan selamat dan sukses atas capaian meraih juara II dalam Lomba Musikalisasi puisi tersebut. 

"Anak-anak memang telah mengikuti latihan dengan sangat serius. Proses latihan yang serius dan baik tentu tidak akan mengkhianati hasil, " urai Penyair Nasional yang sutradara teater.

Sulaiman menambahkan, Anak-anak sesungguhnya sudah memahami apa dan bagaimana musikalisasi puisi. Hal ini, tentu proses memberikan unsur-unsur musikal menjadi sesuatu yang bernilai dan bersifat musik. Pernyataan antara unsur puisi dengan musik. Anak-anak sudah memahami, puisi dilakukan dengan mengaransemen lagunya, puisi dinyanyikan dan ada yang dibacakan, serta musik dapat digarap bebas. 

" Namun yang terpenting dapat mendukung tema puisi yang dijadikan lagu, " pungkas  Dosen Seni Teater ISI Padang Panjang yang juga sering menjadi juri Musikalisasi Puisi ini. (*/Nella)



×
Kaba Nan Baru Update