Notification

×

Iklan

Iklan

Sebanyak 4.100 Kasus Gigitan Anjing Rabies Hingga 1 Oktober 2023 di Sumbar

10 Oktober 2023 | 16.00 WIB Last Updated 2023-10-10T09:00:10Z


Padang, pasbana - Karantina Pertanian Padang mendukung penuh vaksinasi kepada Hewan Penular Rabies (HPR) di Sumatera Barat (Sumbar). Sebab Sumbar menghadapi tantangan serius terkait rabies, telah terjadi 4.100 kasus gigitan oleh anjing rabies hingga 1 Oktober 2023.

Menurut uji laboratorium yang dilakukan oleh Balai Veteriner Bukittinggi, sebanyak 450 hewan dinyatakan positif terjangkit rabies. Hampir sepertiga kasus positif tersebut berasal dari Kabupaten Lima Puluh Kota di Sumatera Barat.

Selain itu, cakupan vaksinasi rabies di wilayah tersebut hanya mencapai belasan persen dari idealnya 70%. Harianto, Sub Koordinator Karantina Hewan, Karantina Pertanian Padang mengatakan, vaksinasi rabies merupakan langkah kunci dalam memerangi penularan penyakit ini dari hewan ke manusia.

"Anjing dan kucing adalah salah satu hewan penular rabies yang potensial, dan oleh karena itu, perlunya vaksinasi yang luas untuk melindungi masyarakat," ujarnya, Senin (9/10/2023)

Menurutnya, World Rabies Day yang digelar setiap tahun bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya rabies dan pentingnya vaksinasi.

Selain itu, acara ini juga menjadi wadah bagi para ahli dan tenaga medis hewan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam upaya mengendalikan penyebaran penyakit ini. (Rel/pdg)
×
Kaba Nan Baru Update