Notification

×

Iklan

Iklan

Edukasi Pentingnya Imunisasi Anak Sebagai Investasi Kesehatan Masa Depan di Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman

01 Desember 2023 | 14.46 WIB Last Updated 2023-12-01T07:57:13Z



Sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat Departemen Farmakologi Fakultas Farmasi Universitas Andalas


Padang Pariaman, pasbana - Pemberian imunisasi pada anak akan memberikan dampak yang baik karena dapat mencegah terjadinya penularan secara luas dengan meningkatkan imunitas pada masyarakat secara umum. Imunisasi adalah upaya pemberian vaksin kepada anak untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus penyebab penyakit.

Banyak faktor yang mempengaruhi status imunisasi pada anak seperti faktor karakteristik orang tua terhadap pengetahuan, kepercayaan, dan kesadaran akan pentingnya program imunisasi. Saat ini, masih banyak anggapan yang salah terkait imunisasi yang berkembang dalam masyarakat dan tidak sedikit orang tua masih khawatir terhadap risiko dari beberapa vaksin.

Gambar 1. Pembukaan acara secara simbolis oleh Camat Padang Sago dan Dekan Fakultas Farmasi Universitas Andalas

Oleh karena masih banyak anggapan yang salah tentang imunisasi, Departemen Farmakologi Fakultas Farmasi Universitas Andalas melakukan kegiatan pemberian edukasi sebagai bentuk kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat khususnya Orang Tua di daerah Padang Sago, Padang Pariaman. Para orang tua memerlukan bimbingan dan pengetahuan tentang pentingnya imunisasi anak untuk mencegah terinfeksinya virus penyebab penyakit.

Program penyuluhan pentingnya imunisasi anak bertujuan agar orang tua mengerti akan dampak positif pemberian imunisasi. Selanjutnya, orang tua dapat mengetahui jenis-jenis imunisasi beserta manfaatnya. Seperti imunisasi BCG untuk mencegah penyakit tuberculosis (TB), imunisasi polio untuk mencegah penyakit polio, dan imunisasi campak untuk mencegah penyakit campak.

Menurut data Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2014, pencapaian target imunisasi dasar lengkap masih jauh dari target yang ditetapkan yaitu dari 90% target yang diharapkan, capaian imunisasi dasar lengkap ditemukan baru 84,7%. Melihat cakupan imunisasi di Kabupaten Padang Pariaman yang masih jauh dari target, pihak pelaksana mengusulkan untuk mengadakan penyuluhan ini di Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman. 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu rangkaian dari acara Bakti Farmasi 2023 yang diadakan di SDN 08 Padang Sago. Acara ini diawali dengan sambutan dari Camat Padang Sago, Ibu Zarmiati, S. A.P dan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Farmasi, Ibu Prof. Dr. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph.d. Pengabdian masyarakat dari Departemen Farmakologi diketuai oleh Bapak Prof. Dr. apt. Yufri Aldi, M.Si. Pada Pelaksanaan kegiatan ini dipandu oleh Ibu Dr. apt. Dwisari Dillasamola, M. Farm sebagai pemateri, dibantu oleh Khalishah Sifa Nasution, Farzana Zalda As-sajidah, Raihani Alya, dan Widya Faizatul Zuhri selaku panitia pengabdian masyarakat, serta dihadiri oleh beberapa Dosen Fakultas Farmasi Universitas Andalas.

Gambar 2. Pemberian Materi Edukasi Pentingnya Imunisasi Anak oleh Ibu Dr. apt. Dwisari Dillasamola, M. Farm


Dengan terlaksananya kegiatan edukasi Pentingnya Imunisasi Anak ini diharapkan para orang tua dapat menyadari manfaat imunisasi dan juga dapat memberikan informasi ini kepada rekan lainnya di luar daerah Padang Sago. (*) 
×
Kaba Nan Baru Update