Notification

×

Iklan

Iklan

Padang Luncurkan Calendar of Event Pariwisata 2024

09 Januari 2024 | 06.51 WIB Last Updated 2024-01-09T04:53:17Z



PADANG, pasbana  - Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pariwisata, resmi meluncurkan "Calendar of Event" (Kalender  Event) Pariwisata Kota Padang Tahun 2024.

Peluncuran jadwal berbagai event yang bakal menghiasi sektor pariwisata di Kota Bingkuang selama tahun 2024 dilakukan oleh Wali Kota Padang Hendri Septa di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Senin (8/1/2024) malam.
Hadir dalam kesempatan itu Sekda Kota Padang Andree H Algamar bersama para Asisten, sejumlah pimpinan OPD hingga Camat se-Kota Padang dan awak media. 

Terlihat juga Ketua Dekranasda Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa, Ketua PHRI Sumbar Rina Pangeran beserta para General Manager (GM) sejumlah hotel dan Ketua Pokdarwis di Kota Padang.

Dalam sambutan dan arahannya, Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan rasa syukur dan bangganya karena Kota Padang terus bergeliat dalam bidang kepariwisataan.

Sementara, terkait Calendar of Event Pariwisata Kota Padang Tahun 2024 yang diluncurkan, menurutnya adalah agenda tahunan yang akan dipergunakan sebagai sarana promosi wisata bagi Kota Padang.

"Calendar of Event ini merupakan sebuah jawaban dari kita untuk menyajikan informasi terkait atraksi pariwisata yang bakal digelar di Kota Padang. Baik berupa seni dan budaya, olahraga, event kreatif dan Calendar of Event Pariwisata 2024 Diluncurkan, Hendri Septa: Silakan Ikuti dan Saksikan Kemeriahannya!

Lebih lanjut Hendri Septa meyakini, dengan dilaunchingnya Calendar of Event Pariwisata Kota Padang Tahun 2024, akan menggeliatkan pariwisata Kota Padang dan menjadi salah satu pilihan berwisata yang nyaman dan berkesan oleh wisatawan di Indonesia atau pun mancanegara.

"Dengan dilaunchingnya Calendar of Event Pariwisata Kota Padang Tahun 2024 ini, wisatawan lokal maupun mancanegara akan mengetahui event-event yang akan digelar oleh Pemko Padang dan masyarakat selama tahun 2024. Semoga angka kunjungan ke Kota Padang semakin meningkat, dan berdampak bagi pelaku usaha dan pariwisata sekaligus peningkatan bagi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Padang," tambah Hendri Septa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Yudi Indra Syani mengungkapkan, setidaknya 26 event tercantum di dalam Calendar of Event Pariwisata Kota Padang Tahun 2024.

"Di bulan Januari ini akan dimulai dengan Festival Sepak Rago selaku olahraga tradisional dari Minangkabau. Bergeser ke Februari, bakal tersaji event National Conference On Grassroots West Sumatera disertai Pemilihan Uni Uda Duta Wisata Kota Padang 2024, hingga event Cap Go Meh dan Pemilihan Duta Genre Kota Padang 2024," sebutnya.
Selanjutnya sambung Yudi, pada bulan Maret, tepatnya di bulan Ramadan akan ada Pasar Pabukoan dan juga kegiatan Peringatan HUT Sat Pol PP Tingkat Nasional di Kota Padang.

Bersambung ke bulan April tepatnya di momentum libur lebaran, sebuah event yang ditunggu-tunggu yakni Festival Muaro Padang bakal kembali dipersembahkan bagi masyarakat dan perantau yang mudik ke Kota Padang.
Setelah itu pada bulan Mei bakal tersedia event Padang Trail Game dan di bulan Juni event Budaya Pauh Bagalanggang dan Lomba Lintas Alam Siti Nurbaya. Sementara di bulan Juli terdapat kegiatan Perayaan hari ulang tahun (HUT) Koperasi, UMKM dan Ekraf.

"Pada bulan Agustus yang di dalamnya terdapat HUT Kota Padang ke-355 bakal dimeriahkan dengan berbagai event. Diantaranya Gowes Siti Nurbaya Adventure VIII, Festival Siti Nurbaya, Pawai Telong-telong serta Urak Nagari Pauh V dan Festival Bukik Gado-gado," paparnya. 

Di bulan September dan Oktober sambung Yudi lagi, diisi sebuah event baru antara lain event Goa Kelelawar Jungle Run, PHRI Sumatera Mini Soccer Tournament 2024, Barista Competition & Kopi Expo dan Hotel Competition. Di bulan November juga tersaji Festival Tagak Bawah Payung dan Festival Alek Nagari Berok Nipah.

Di penghujung tahun 2024, warga Muslim keturunan India di Kota Padang akan kembali menghelat tradisi Serak Gulo. Tradisi ini sebagai simbol rasa syukur umat Muslim keturunan India atas rezeki yang diterima sepanjang tahun. Setelah itu juga ditabuh event yang tak kalah menarik yakni Festival Talempong Pacik dan Festival Silek Tradisional. (rel)
×
Kaba Nan Baru Update