Notification

×

Iklan

Iklan

Tanah Datar Kembali Raih Piala Adipura, Buah Kerja Keras Pemda dan Masyarakat

05 Maret 2024 | 22.16 WIB Last Updated 2024-03-06T00:17:23Z



Jakarta, pasbana -  Kabupaten Tanah Datar kembali mengukir prestasi membanggakan. Untuk kedua kalinya secara berturut-turut, Kabupaten ini berhasil meraih Piala Adipura kategori Kota Kecil tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup ini diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Drs. Alue Dohong, M.Sc, Ph.D, kepada Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE, MM, pada Selasa (5/3/2024) di Jakarta. 

Turut mendampingi upacara penyerahan penghargaan adalah Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati, SH., M.Sc.

Bupati Eka Putra menyambut gembira pencapaian ini. Ia mengaku bangga atas kerja keras seluruh elemen masyarakat Tanah Datar, terutama para petugas kebersihan yang telah berjibaku menjaga kelestarian lingkungan di Batusangkar dan sekitarnya.



"Alhamdulillah, hari ini kita patut bersyukur karena tahun lalu dan tahun ini kita secara berturut-turut berhasil mendapatkan penghargaan Piala Adipura. Ini merupakan penghargaan bagi kita seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar," ujar Bupati Eka Putra dengan sumringah.

Tidak lupa, Bupati Eka Putra mengapresiasi seluruh kontribusi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal mereka masing-masing. Ia berjanji akan terus menggalakkan sosialisasi kepada warga agar senantiasa peduli terhadap kebersihan dan penanganan sampah yang baik.




"Kita akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar menyadari bahwa kebersihan lingkungan itu sangat penting dan bagaimana menangani sampah di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing," tegasnya.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemda Tanah Datar adalah dengan mendirikan bank-bank sampah di sejumlah titik di Kota Batusangkar. Bahkan, di Jorong Bukit Gombak, telah diresmikan bank sampah yang dikelola langsung oleh pemuda setempat.

Meraih Piala Adipura dua tahun berturut-turut tentu bukanlah pencapaian yang mudah. Namun, dengan sinergi yang solid antara Pemerintah Daerah dan masyarakat, Tanah Datar membuktikan bahwa mereka mampu mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan lestari.(rel/hms) 
×
Kaba Nan Baru Update