Meringankan Beban Risma, Sekretaris Lurah Koto Panjang Bersama Seluruh Unsur Masyarakat Berikan Bantuan

Iklan Semua Halaman

Meringankan Beban Risma, Sekretaris Lurah Koto Panjang Bersama Seluruh Unsur Masyarakat Berikan Bantuan

Admin Minangkabau
07 September 2019

Padang Panjang, Pasbana -- Mengetahui adanya salah seorang warga yang mengalami sakit dan butuh uluran tangan, Sekretaris Lurah Koto Panjang Irelisofa, SH bersama Pengurus LPM, Forum RT, FKPM dan Karang Taruna, PSM dan Bhabinkantibmas Kelurahan Koto Panjang, langsung bertindak aktif untuk meringankan beban warga tersebut.

Diawali dengan pelaksanaan rapat bersama seluruh unsur masyarakat dan Kelurahan Koto Panjang pada pukul 19.30 WIB di Pondok Baca Cerdas Koto Panjang, Jum'at (6/9).

Adalah Risma (31 th), seorang warga yang tinggal di RT 03 Rao-rao Kelurahan Koto Panjang Kota Padang Panjang yang diberitakan mengalami kelumpuhan dan gangguan penglihatan pasca terjatuh di Pasar Padang Panjang.

Baca berita terkait di :



Setelah melakukan rapat, malam itu juga Sekretaris Lurah bersama perangkat lembaga kemasyarakat yang mengikuti rapat langsung mengunjungi rumah kontrakan Risma.

Dalam kunjungan tersebut, Risma menceritakan kronologis dan kondisi awal sakitnya akibat jatuh saat bekerja di salah satu toko di pasar Padang Panjang. Saat terjatuh, kepala  dan punggung Risma terbentur  benda keras sehingga harus menjalani perawatan.

Berjalannya waktu, kondisi Risma makin menurun  hingga tubuhnya mengalami  lumpuh dan terganggu penglihatannya (buta).

Mendapati kondisi tersebut, Sekretaris Lurah Koto Panjang Irelisofa, SH bersama Pengurus LPM, Forum RT, FKPM dan Karang Taruna, PSM dan Bhabinkantibmas Kelurahan Koto Panjang, memberikan beberapa bantuan kepada Risma.

Sekretaris Lurah Koto Panjang  Irelisofa, SH, memberikan bantuan uang tunai sebesar 1juta rupiah. Juga diserahkan bantuan dari masyarakat Kelurahan Koto Panjang berupa Sembako dan Hygieniskit  oleh Forum RT, LPM, Bhabinkantibmas,  Babinsa, Kader PSM Kelurahan Koto Panjang.

"Bantuan ini adalah sumbangsih kita sebagai makhluk sosial untuk meringankan beban saudara kita,",  ujar Irelisofa yang lebih akrap di sapa pak Datuk.


Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Lurah Koto Panjang Irelisofa juga menyerahkan  Kartu Keluarga sebagai bukti Risma dan keluarganya telah tercatat sebagai warga Kelurahan Koto Panjang.

Hal ini dikarenakan, sebelumnya secara administrasi pemerintahan setelah dilakukan pengecekan ternyata Risma dan suaminya tidak tercatat sebagai warga Kelurahan Koto Panjang, sementara domisili yang bersangkutan ada di wilayah Kelurahan Koto Panjang

"Kami baru tinggal di Rao Rao  RT. 03 Kelurahan Koto Panjang sekitar 2 bulan,   karena baru seminggu tinggal disini isteri saya terjatuh dan harus dirawat di RSUD Padangpanjang jadi belum sempat melapor ke RT, " jelas Hendra, Suami Risma.

Melihat kondisi tersebut, untuk memudahkan dalam pengurusan administrasi  Keluarga Hendra dan Risma maka pihak Kelurahan Koto Panjang beserta unsur terkait membantu proses pengurusan administrasi penduduknya untuk dipindahkan ke Kelurahan Koto Panjang. Sebelumnya, keluarga ini tercatat sebagai warga Kelurahan Ngalau Kota Padang Panjang.

Sekretaris Lurah Koto Panjang meminta agar  kader PSM dan RT. 03 membantu Risma dan Hendra dalam proses pemindahan dan pengurusan administrasi kependudukannya. Tak membutuhkan waktu lama, proses pemindahan administrasi kependudukan Risma dan Hendra diselesaikan oleh Kader PSM Kelurahan Koto Panjang.

"Kini,  administrasi kependudukan Risma dan keluarganya telah beralih dari Kelurahan Ngalau ke Kelurahan Koto Panjang , ujar Rena Yenti Kasi Pelayanan dan Sosial Kelurahan Koto Panjang.

Seusai rencana, pagi ini Sabtu (7/9) sebelum Risma akan dirujuk ke Padang , masyarakat Kelurahan Koto Panjang juga telah memberikan bantuan uang 1juta Rupiah,  yang nantinya bisa digunakan untuk biaya keluarga yang menunggui Risma saat menjalani perawatan intensif di RSUP M. Djamil- Padang. (**)