Notification

×

Iklan

Iklan

Banjir Bandang Di Koto Pakan Rabaa Tengah, Jalan Tertutup Lumpur

15 September 2017 | 08.15 WIB Last Updated 2017-09-15T01:15:12Z

Solok Selatan - Curah hujan yang cukup tinggi menjadikan sebagian wilayah di Kabupaten Solok Selatan dilanda banjir yang disertai material lumpur.  Akibatnya jalan lintas Padang-Jambi, tepatnya di kawasan Jorong Bancah, Nagari Pakan Rabaa Tengah Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) lumpuh total karena sebagian besar jalan tertutup lumpur. Air mengalir deras dengan membawa lumpur menutupi badan jalan sehingga jalan tidak bisa dilalui.Kamis (14/9/2017).


Tim dari BPBD Solok Selatan dipimpin oleh Kabid PK BPBD Solok Selatan Rusdi Armen datang ke lokasi setelah menerima laporan dari masyarakat. " Laporan masuk sekitar pukul 21.15 WIB , dan saat ini kita sedang mengusahakan loader untuk membersihkan jalan dari material lumpur, " jelas Armen.


Sungai Batang Lolo yang melintasi wilayah tersebut tak mampu menampung curah hujan yang cukup tinggi. Intensitas hujan yang cukup tinggi sejak pukul 21.00 WIB juga membuat air Sungai Batang Lolo meluap ke jalan .

Sebagian besar rumah di wilayah Jorong Bancah, Nagari Pakan Rabaa Tengah Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh tergenang air dan lumpur. Dan warga pun secara mandiri mulai membersihkan rumah mereka agar dapat segera ditempati. Dan meminimalisir kerusakan alat-alat elektronik dan alat rumah tangga mereka.


(KPGD) Kepala BPBD Solok Selatan, Editorial menyebutkan, pihaknya tengah mengirimkan alat berat ke lokasi untuk mengevakuasi material dari badan jalan. " Alat berat dari Padang Aro sudah menuju lakasi dan dikawal oleh personil Satlantas Polres Solsel, " jelasnya.

Petugas Polsek KPGD dan personil Satlantas Polres Solsel telah datang ke lokasi untuk membantu membersihkan material yang terbawa air dan menutupi badan jalan tersebut. Belum ada himbauan untuk melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir bandang ini.


Sementara, belum ada korban jiwa dari peristiwa itu, tapi ada beberapa rumah warga yang digenangi air Batang Lolo. (Bd)





×
Kaba Nan Baru Update