Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah Fakta Sejarah Lubang Jepang Di Sungai Limau

21 Agustus 2018 | 21.10 WIB Last Updated 2018-08-21T14:10:51Z
Kondisi Lubang Jepang di Sungai Limau saat ini ( foto : IG Kabarantau )

Padang Pariaman -- Akibat tergerus waktu, kini Goa atau Lubang di Nagari Kuranji, Sungai Limau Kabuparen Padang Pariaman tak ubahnya seperti gorong-gorong tempat persembuyian ular. Goa yang memiliki panjang 30 meter ini padahal saksi sejarah yang telah terlupakan.

Dan inilah 4 Fakta tentang monumen yang bersejarah tersebut;

1. TERDAPAT 8 KAMAR RUANG ISTIRAHAT
Rekayasa lubang dahulunya difungsikan sebagai tempat persembunyian sekaligus posko utama penjajah Jepang di daerah. Dalam Lubang, terdapat 8 kamar sebagai ruang istirahat.

Salah satu warga yang tinggal di daerah sekitar, Zainal Arifin menyebut kondisi lubang peninggalan penjajahan Jepang sudah ada sekitar tahun 1946. Kamar tersebut dijadikan para pejuang untuk melepas lelah sekaligus bersembunyi kala berhadapan dengan Nippon.

2. TEMPAT FAVORIT BERMAIN DAN BELAJAR
Sementara tokoh pemuda di Sungai Limau, Syafrial mengungkap dahulunya, tahun 1980-an dan 1990-an, lobang ini dijadikan sarana belajar dan bermain kala kemerdekaan telah diraih. Lokasi yang berada 100 meter dari pasar Sungai Limau menjadi tempat favorit bermain sambil belajar.

3. GEMPA 2009 AKIBATKAN KONDISI GOA BERGESER
Namun sejak Gempa 2009, kondisi lubang mulai merosot akibat getaran dan pergeseran tanah. Lokasi dianggap tidak layak dan terlihat membahayakan, sehingga pengunjung takut dan berkunjung.

4. SENGKETA LAHAN DUA SUKU
Pembenahan terhadap Goa Jepang tak hanya persoalan bencana gempa, namun juga kemelut antar dua suku atas pemanfaatan lahan.

Diharapkan kedepan adanya peran Niniak Mamak, Pemerintah Nagari, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menuntaskan persoalan. Terlebih, lokasi yang berada diatas perbukitan, menjadi andalan kunjungan wisata akan Cagar Budaya. Ditambah pemandangan nan indah yang menghadap laut, disertai Edukasi sejarah menjadi daya tarik tersendiri dari lokasi tersebut.
Sumber: kabarantau

×
Kaba Nan Baru Update