Notification

×

Iklan

Iklan

Liburan Hari Isra Mi'raj, Santri MA KMM Kauman Tadabbur dan Tahfidz Alam

11 Maret 2021 | 16.44 WIB Last Updated 2021-03-11T09:44:44Z
Liburan Hari Isra Mi'raj, Santri MA KMM Kauman Tadabbur dan Tahfidz Alam



Padang Panjang --Dalam rangka mengisi liburan hari Isra' Mi'raj, pondok pesantren MA KMM Kauman Padang Panjang laksanakan Tadabbur dan Tahfiz Alam, Kamis (11/03) 

Bertempat di objek wisata Batu Limo Kelurahan Silaiang Atas, kegiatan ini diikuti sebanyak 130 orang Santriwati yang terdiri dari Kelas X dan XI. 

Kegiatan tadabbur dan tahfiz Quran ini merupakan kegiatan yang biasa dilaksanakan sekolah dengan mengajak para santri mengunjungi beberapa objek wisata yang ada di Padang Panjang. 

Tujuan kegiatan ini selain untuk menyegarkan kembali fisik dan psikis (fikiran) santri dari penatnya kegiatan pembelajaran sekaligus sebagai persiapan untuk mengahadapi program sekolah terkait dengan penuntasan target hapalan Al-Quran para santri.

Menurut Insan Ahda Hasibuan, selaku koordinator menyatakan bahwa program ini memberikan kesempatan kepada santri untuk lebih rileks menghafal Al quran.





"Kita ingin anak-anak lebih rileks dalam menghafal al Quran, sehingga target mereka dua Juz dalam satu semester ini tercapai dengan baik. Sengaja memilih tempat seperti ini karena nuansa dan kealamiannya membuat pikiran lebih fresh, " ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pokdarwis Siliang Atas Zikri menyampaikan terimakasih atas kehadiran santri dari Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang.

"Kami mengucapkan terimakasih atas kehadirannya mengisi waktu liburan disini. Semoga tempat ini semakin menarik perhatian dari wisatawan yang mencintai wisata alam. Kami juga sangat berterimakasih kepada pak Walikota Fadly Amran karena kehadiran beliau kemaren mendampingi Wakil Gubernur tempat ini menjadi ramai diperbincangkan. Berharap kedepannya tempat ini menjadi tujuan wisata edukasi, "ungkapnya.

Ditempat terpisah, Derliana MA selaku Mudir Pondok Pesantren MA KMM Kauman menyampaikan kegiatan ini adalah bentuk keseriusan pondok pesantren dalam membentuk karakteristik santri.

" Pesantren sejatinya tidak hanya memberikan pembelajaran dalam kelas, tapi lebih kepada bagaimana pesantren mampu membangun karakteristik lewat pembelajaran diluar pesantren itu sendiri. Dengan tadabbur alam serta tahfiz di alam terbuka menjadikan pembelajaran jadi menyenangkan, " jelasnya. 

Kegiatan Tadabbur dan Tahfiz Alam santri Kauman diisi dengan Sholat Dhuha berjamaah, setoran ayat kepada pembina dan juga menikmati dinginnya air aliran sungai.
Diakhir kegiatan santri diberikan kesempatan untuk menikmati wisata arung jeram.(JED) 
×
Kaba Nan Baru Update