Notification

×

Iklan

Iklan

Gelar Sekolah Legislatif, Rezka Oktoberia Apresiasi Inovasi DPM UNAND

18 Desember 2022 | 21.00 WIB Last Updated 2022-12-18T14:00:21Z


Payakumbuh, pasbana- Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) UNAND (Universitas Andalas) Fakultas Peternakan kota Payakumbuh menggelar sekolah Legislatif di aula gedung kampus setempat, Minggu (18/12). Kegiatan ini berlangsung sukses dengan menghadirkan narasumber istimewa, Rezka Oktoberia anggota DPR-RI dari dapil Sumbar II dan salah seorang anggota DPRD Kota Payakumbuh Yendri Bodra Datuak Parmato Alam.

Dalam sambutanya Rezka Oktoberia, mengapresiasi inovasi mahasiswa UNAND, karena dengan adanya sekolah legislatif yang dilaksanakan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Unand tersebut, peserta dapat memahami tugas serta wewenangnya lembaga Legislatif.

“Ketika kita ingin menjadi Legislator yang profesional perlu juga dibekali dengan wawasan yang luas. Terpenting disini adalah selalu jalin komunikasi dengan stakeholder/berbagai kalangan,” pesan Rezka.

Srikandi partai Demokrat itu, juga mengajak agar mahasiswa nanti tidak Golput pada pemilu. Dirinya menghimbau agar mahasiswa tidak terpecah belah dan tetap jaga persatuan dan kesatuan antar sesama. Karena masa depan bangsa tergantung di tangan adek-adek mahasiswa.

Hal senada juga diutarakan Yendri Bodra Datuak Parmato Alam anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Payakumbuh, menurutnya dengan terselenggaranya kegiatan ini, kami berharap mahasiswa dapat mengenal parlemen atau DPRD mulai dari kewenangan hingga hak-hak istimewanya. Sehingga, diharapkan timbul inisiatif ataupun keinginan untuk menjadi anggota DPRD di masa depan.

“Kita sangat mengapresiasi dan mendukung atas terselenggaranya sekolah legislatif yang diadakan oleh DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) Unand Payakumbuh ini. Karena di DPRD dapat merasakan kebermanfaatan apa yang menjadi kewenangan dalam memperjuangkan hak-hak rakyat melalui parlemen ini,” kata politisi partai Golkar itu.

Ditambahkan Parmato Alam, bahwa politik itu menjadi instrumen utama dalam pembangunan karena kebijakan politik yang menentukan arah kebijakan pembangunan dan itu lah hakikat politik yang sebenar nya. Pun politik itu sebetulnya kerja yang mulia, bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat, "kata Yendri Bodra saat memberikan materi di waktu menjadi narasumber sekolah Legislatif di fakultas Peternakan UNAND Payakumbuh.

Sementara itu, Ketua DPM UNAND Bakti Akbar Yusa, menjelaskan kegiatan ini merupakan bentuk edukasi dari tupoksi legislatif, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Mahasiswa baru dan mahasiswa aktif tentang seperti apa lembaga legislatif itu bergerak dan mempelajari tugas dan fungsi lembaga legislatif.

“Selain itu kita juga berharap agar kegiatan sekolah legislatif tahun 2022 di Kampus Unand 2 Payakumbuh ini bisa berkelanjutan untuk kedepannya serta bisa memberikan ilmu dan pemahaman fungsi legislatif terhadap mahasiswa,"tutup Bakti. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update