Notification

×

Iklan

Iklan

Wisuda Tahfiz Perdana, Siswa MAN 3 Padang Panjang Mantap Hafalannya

06 Maret 2024 | 20.27 WIB Last Updated 2024-03-07T02:32:23Z



PADANG PANJANG, pasbana - Suasana haru dan kebahagian menyelimuti halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Padang Panjang, Rabu (6/3). Untuk pertama kalinya, madrasah tersebut menyelenggarakan Wisuda Tahfiz dan Perpisahan Siswa Kelas XII, menandai pencapaian baru para siswa dalam menghafal Al-Quran.

Kepala MAN 3, Julpiadi Hutabarat, M.Pd menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya momen bersejarah ini. "Wisuda tahfiz mungkin sudah biasa di sekolah lain, namun bagi kami ini sangat istimewa karena pertama kali diadakan sejak MAN 3 berdiri 27 tahun lalu," ujarnya.

Dari 95 siswa Kelas XII, sebanyak 78 orang berhasil meraih kesempatan untuk mengikuti wisuda tahfiz setelah menjalani program mukhayyam dan kompre hafalan. Dua orang hafiz 5 Juz, satu orang hafiz 4 Juz, satu orang hafiz 3 Juz, 25 orang hafiz 2 Juz, dan 49 orang hafiz 1 Juz.



Para peserta wisuda mendapat sertifikat, sementara tiga peserta terbaik menerima reward uang tunai. Julpiadi berpesan agar para lulusan terus menjaga dan menambah hafalan hingga mencapai 30 Juz.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum, Nofiyanti, SSTP, M.M mengapresiasi MAN 3 yang memilih menyelenggarakan wisuda tahfiz dibanding pesta pora. "Dengan program unggulan dan peningkatan kualitas, semoga MAN 3 semakin dicintai. Bagi siswa yang diwisuda, jaga dan tambah hafalannya. Semoga Al-Quran juga menjaga kita semua," harapnya.

Nofiyanti juga mengingatkan para lulusan untuk melanjutkan pendidikan dan terus berinovasi. "Ayo lanjutkan ke perguruan tinggi, jangan berhenti sampai di sini," pesannya.



Kepala Kantor Kementerian Agama, Drs. H. Alizar, M.Ag Datuak Sindo Nan Tongga turut memberi apresiasi. Ia berharap program tahfiz beserta wisuda terus dikembangkan agar siswa memiliki hafalan lebih banyak.

"Anak yang hafal Al-Quran identik dengan anak cerdas dan berprestasi. Anak hafiz juga memiliki prioritas ketika masuk perguruan tinggi, masuk polisi, dan lainnya," ungkap Alizar.

Kepada para lulusan, Alizar mengingatkan untuk memperkuat akidah, menjaga ibadah, dan selalu berakhlak mulia di jenjang pendidikan selanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, MAN 3 memberikan penghargaan kepada 11 siswa berprestasi yang mengharumkan nama madrasah di berbagai bidang seperti KSM, OSN, MTQ, dan lainnya. (Rel/hms) 
×
Kaba Nan Baru Update