Notification

×

Iklan

Iklan

Sosialisasi Iva Test Kembali Digelar di Camat Padangpanjang Timur

13 September 2019 | 20.48 WIB Last Updated 2019-09-13T13:48:21Z


Padangpanjang – Tak ingin masyarakat Padangpanjang terjangkit penyakit kanker serviks, TP PKK Kota Padangpanjang bersama Dinas Kesehatan dan Camat Padangpanjang Timur menggelar Sosialisasi Iva Test di Aula Kelurahan Camat Padangpanjang Timur, Jum'at (13/9).

Ketua TP PKK Kota Padangpanjang Ny. dr. Dian Puspita Fadly Amran mengatakan bahwa saat ini banyak terjadi penyakit kanker serviks pada wanita.  "Kita sendiri tidak pernah tau apakah kita terserang atau terkena penyakit tersebut, apalagi dampak yang disebabkan sungguh membuat kita takut," ujar ketua TP PKK.

Dikatakan Dian, gejala awal pada kanker leher rahim tidak sakit atau tidak nampak, tetapi pada tahap lanjut akan mengalami keputihan yang berbau, pendarahan dari liang senggama, pendarahan setelah senggama, nyeri panggul, dan pendarahan pasca menopause.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi terdeteksinya gejala kanker rahim, seperti dari faktor makanan, hubungan seks diwaktu muda, suka bergonta ganti pasangan, kurang menjaga kebersihan kelamin dan masih banyak lagi yang lain.

“Dengan adanya sosialisasi inilah diharapkan para wanita mau dalam melakukan iva test, kebanyakan dari wanita beranggapan malu, takut atau alasan apapun, yang terpenting selama itu untuk kebaikan apa salahnya,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Camat Padangpanjang Timur mengajak ibu-ibu untuk melakukan iva test, agar mengetahui sedari dini kanker tersebut. "Apa salahnya mencoba demi kesehatan kita sendiri, ini tidak sakit dan tidak membutuhkan waktu lama," ajaknya. (Del)
×
Kaba Nan Baru Update